Saturday, September 4, 2010

Arkeolog Temukan Markas Tentara Romawi Paling Tua Dan Menakutkan

http://www.suaramedia.com/images/resized/images/stories/4berita/1-8-olaraga/legiun_telegraph_200_200.jpg
Hispanic merupakan legiun tertua dan paling menakutkan di kerajaan Romawi.

Pada situs itu ditemukan penggiling tepung bertenaga kincir air yang digunakan untuk menggiling biji dan menghasilkan makanan. Selain itu juga ditemukan pakaian, ransum, kuburan dan tembikar bagi prajurit.

Situs ini digali sebagai bagian dari skema pembuatan jalan senilai £318 juta (Rp 4,43 triliun).

Temuan berada di dekat runtuhan benteng Healam Bridge yang dibangun 2 ribu tahun lalu. Legiun Kesembilan memenangkan operasi militernya di seluruh kerajaan dari Gaul hingga Afrika, Sisilia hingga Spanyol, dan Jerman hingga Inggris.

Banyak yang percaya legiun ini hilang saat dikirim melawan Picts di Skotlandia.

Teori lain menjelaskan mereka dikirim saat kerajaan dibubarkan, atau karena nama mereka sudah tercoreng saat pertempuran.

Teori mengenai Legiun Kesembilan ini muncul di beberapa novel, seri TV dan film. Penggalian ini memberi pandangan arkeolog tentang bagaimana mereka mendukung militernya.

Wilayah itu dikembangkan untuk menyediakan makanan, minuman dan alat dagang lain di kawasan Haelam Bridge, dekat Dishforth.

Terdapat penggiling bertenaga kincir air untuk menghasilkan makanan dan ternak, bir dan tembikar.

Arkeolog juga menemukan koin, bros, serpihan tembikar dan setengah ton tulang hewan. Mereka juga mendapatkan 14 kremasi orang dan tulang kuda. Diyakini hewan-hewan ini untuk persembahan Dewa, demi keberuntungan mereka.

Pemimpin tim peninggalan budaya, Blaise Vyner mengatakan,”kami tahu banyak benteng Roma tapi wilayah industri dengan penggiling tenaga kincir air ini sangat menarik. Kami harap temuan ini dapat memberi banyak informasi mengenai bagaimana mereka memenuhi kebutuhan mereka.”

Terdapat bangunan-bangunan besar di wilayah industri yang kebanyakan dekat aliran sungai untuk menjalankan penggiling mereka.

Bangunan itu akan menyediakan makanan dan bekal. Selain itu ada indikasi bahwa orang Roma juga memakai kaus kaki.

No comments:

Post a Comment