Tuesday, December 15, 2009

Sebaiknya Patung Obama Diletakkan di SDN 01 Menteng

http://www.detiknews.com/images/content/2009/12/14/10/patung-obama-dalam.jpg

Jakarta - Barack Obama bukanlah pahlawan RI sehingga tidak layak patungnya ditempatkan di ruang publik. Tempat yang pas bagi patung Obama adalah eks sekolahnya, SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat.

"Saya setuju kalau patung Obama itu ditaruh di sekolah karena dia memang pernah bersekolah di situ," kata Wakil Kepala Sekolah SDN 01 Menteng, Ahmad Solikhin, kepada detikcom, Senin (14/12/2009).

Menurut Solikhin, seharusnya patung pahlawan nasional yang ditaruh di ruang publik seperti Taman Menteng, bukan patung Obama. Secara psikologis, tidak ada hubungan antara Taman Menteng dengan Obama.

"Apa nggak ada pahlawan lain yang bisa dibuat patungnya dan ditaruh di situ? (Patung Obama) Terlalu berlebihan dan nggak pada tempatnya," ungkapnya.

Solikhin mengatakan, sekitar sebulan yang lalu Kepala Sekolah SDN 01 Menteng pernah mengikuti rapat yang tujuannya untuk membuat patung Obama. Saat itu Kepala Sekolah memang menyatakan patung Obama akan ditaruh di Taman Menteng, bukan di sekolah.

"Katanya akan mengganggu proses belajar mengajar kalau ditaruh di sekolah. Padahal pikir saya di mananya yang mengganggu. Tapi balik lagi kalau memang itu sudah keputusan, ya sudah," imbuhnya.

Solikhin menceritakan sebenarnya ide membuat patung Obama di sekolah sudah pernah dia pikirkan dan dibicarakan saat ada kabar Obama akan datang ke Indonesia. Patung itu akan ditulisi "Sekolah sekecil ini bisa melahirkan seorang presiden dari negara superpower".

"Itu desain awal kita. Baru nanti kalau Obama datang, tanda tangan di situ. Tapi nggak jadi datang dan sekarang sudah ada yang buat," ujar Solikhin.(detiknews.com)

No comments:

Post a Comment