Saturday, September 4, 2010

Wow... Kentang Ini Aneh dan Terberat

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/09/05/0922495p.jpg
Kentang milik petani di Northampton, Massachusetts, Amerika Serikat, ini menjadi yang terbesar di dunia dengan berat 8 pon 4 ons atau 3,8 kilogram. Kentang raksasa itu dipamerkan di Sommerset, Inggris Barat.

Si kentang tersebut dihasilkan oleh tukang kebun bernama Peter Glazebrook yang mencoba berkebun untuk menghasilkan produk raksasa itu selama 10 tahun terakhir. Ia yakin kentangnya akan mampu mengungguli pemegang rekor sebelumnya, yaitu selisih 225 gram lebih berat daripada kentang miliknya.

Dulu tahun 2008 ada petani Lebanon mempunyai kentang seberat 11,3 kg. Namun, tidak jelas apakah kemudian secara resmi dimasukkan ke buku rekor dunia atau tidak. Namun, catatan resmi dari Guinness Book of Records hingga kini kentang raksasa baru mencapai 3,5 kg. Otomatis kentang Peter menjadi paling besar.

Selain kentang, dipamerkan juga labu raksasa yang pernah dihasilkan seorang petani amatir di Inggris seberat 548,8 kg, hampir setengah ton.

Peter Glazebrook kini masih menunggu verifikasi dari Guinnes World of Records untuk menyaksikan dan mencatat kentang raksasa tersebut. Ia pun menjelaskan tips agar meraih kesuksesan besar.

"Dibutuhkan musim tanam yang panjang agar bisa mendapatkan kentang dengan ukuran sebesar mungkin," katanya kepada The Sun, Sabtu (4/9/2010).

Kentang yang bisa berkembang hingga berukuran raksasa adalah jenis kentang kondor. Kentang itu akan tumbuh menjadi besar asal diberi pupuk yang cocok.(kompas.com)

No comments:

Post a Comment