Saturday, September 4, 2010

Ini Dia Ciri-ciri Para Penipu Di Dunia Maya

Para penipu pengobral cinta, Nigerian Sweetheart Scam masih berkeliaran di mana saja. Untuk anda yang hobi berkenalan lewat internet, ada baiknya jika mengenali ciri-ciri para penipu ini.

Rita, salah satu yang pernah menjadi korban para penipu ini mencoba memberikan tips agar terhindar dari para penipu tak bertanggung jawab ini. Ini dia ciri-ciri mereka:
http://fitrisufriyanti.blogdetik.com/files/2010/07/komputer.jpg
1. Menolak Chatting
Para penipu yang baru mulai beraksi, biasanya menolak untuk diajak chatting langsung. Mereka lebih suka berkomunikasi melalui email. Banyak sekali alasan yang dipakai, mulai
dari sibuk hingga tidak memiliki fasilitas chatting di kantor.

2. Kenali Nomor Teleponnya
Ketika menemukan pria bule dengan profile dan foto-foto bule serta mengaku dari UK atau Inggris, lihat kode area telpnya. Kode area Inggris adalah +44 lalu 20 atau 10 dan di ikuti 8 sampai 9 digit. Bila anda menemukan no telp bernomor: +447031 atau +4489 atau +4479 dll.. Tinggalkan! Laki-laki itu adalah penipu.

3. Gunakan Webcam
Minta mereka berbicara dengan anda melaui microphone dan sambil membuka kamera. Bila mereka menghindar, hati-hati. Foto di profile, bule (lebih dari satu foto bahkan kadang menggunakan foto keluarga). Jika mereka menolak memakai webcam, hati-hati, biasanya mereka ini penipu.

4. Mengobral Rayuan
Ciri-ciri mereka adalah sangat mudah mengatakan cinta tanpa tanpa babibu. Padahal mereka belum mengenal Anda, bahkan belum pernah bertemu dengan Anda. Dan tiba-tiba mau pindah agama atau langsung melamar anda.

5. Tes Dia
Ketika chatting biasakan bertanya dengan mendadak, saat ini di UK jam berapa. Ketika dia menjawab lama dan balik tanya kepada anda kenapa tanya jam di sana atau menjawabb.. oo saat ini pagi hari.. kejar pertanyaan lagi.. tepatnya jam berapa. Ketika mereka tidak bisa menjawab, mereka bukan tinggal di UK. Cek di google di www.timeanddate.comGet cash from your website. Sign up as affiliate.

6. Penipu Punya Banyak Modus
Modus mereka banyak, mulai dari minta uang karena dadakan ibunya sakit. Selalu di awal perkenalan, katakan bahwa anda di Indonesia hidup pas pasan dan jangan show off. Jangan cerita pekerjaan anda, keluarga anda, ceritalah dengan mengarang sedikit buat keamanan anda.

7. Cek Foto Profil Mereka
Cek foto profil mereka, jika kenalan Anda ini penipu, foto-foto ini biasanya akan digunakan di profil lain dengan nama profil berbeda.

8. Lakukan Pencarian Alamat Email Mereka
Seach-lah email address para laki-laki UK ini di google. Bila tidak diketemukan
apapun, waspadalah, nama orang itu mungkin palsu.

9. Perhatikan nama alamat emailnya
Rata-rata mereka menggunakan nama campur angka (tapi ini tidak jadi patokan) hanya perhatikan, kadang menggunakan nama-nama yang juga kadang aneh penggabungannya.

No comments:

Post a Comment