Tuesday, September 7, 2010

5 Fakta Unik Sains yang jarang diketahui

1 Jaring laba – laba
semua-nyata.blogspot.com
Percaya atau tidak jaring laba – laba lebih kuat dari pada baja? Itulah yang terjadi malahan militer Amerika Serikat pernah berencana membuat jaket anti peluru yang di buat dari pintalan jaring laba – laba. Jadi Scene dalam film Spiderman 2 yang menghentikan laju kereta api menggunakan jaring laba – laba bukan merupakan sesuatu yang mustahil.

2 Massa Jenis Es.
semua-nyata.blogspot.com
Tahukah anda bahwa massa jenis es lebih ringan 89 % daripada massa jenis air?akibatnya 11 % bongkahan es berada di atas permukaan air. Kenyataan tersebut membuat gunung es yang mengapung di atas laut sangat membahayakan, khusunya untuk kapal – kapal yang sedang berlayar. Hal ini terbukti padakecelakaan bersejarah yang menimpa kapal Titanic pada tahun 1912. Kapal “yang tak bisa tenggelam” tersebut tenggelam setelah menabrak gunung es di laut Atlantk Utara.

3 . Kembang Api
semua-nyata.blogspot.com
Menurut sejarahnya kembang api bermula dari ditemukannya petasan pada abad ke 9 di Cina. Ceritanya pada waktu itu seorang juru masak tidak sengaja mencampurkan tiga bahan bubuk hitam ( black powder ) yaitu garam peter dan KNO3 ( kalium nitrat ) belerang ( sulfur ) dan arang kayu ( charcoal ). Ternyata ketiga bahan tersebut merupakan bubuk mesiu yang mudah terbakar. Jika ketiga bahan tersebut dimasukan kedalam sebatang bambu dan bambu yang ada sumbunya kemudian dibakar maka akan terjadi suara ledakan yang keras.

4 . Kapal Tangker
semua-nyata.blogspot.com
Tahukah anda bahwa kapal tangker terbesar di dunia adalah kapal tangker Jahre Viking dengan lebar 69 meter dan panjang 458 meter, 77 meter lebih panjang dari Empire Street Building New York. Mampu membawa minyak bumi sebanyak 14 juta barel yang bisa mampu menghidupi kendaraan mesin di muka bumi ini selama 2 MINGGU !!! WOW !!

5. Kaktus
semua-nyata.blogspot.com
Tahukah anda mengapa kaktus bisa hidup dengan kondisi lingkungan yang minim air? Kata kaktus berasal dari bahasa Yunani “KAKTOS” yang berarti tanaman berduri. Sebenarnya kaktus mempunyai daun. Namun daun tersebut berubah menjadi duri, untuk mengurangi penguapan air. Analoginya seperti ini kalo kita kepedesan kemudian kita mengambil air yang masih panas maka tuangkanlah air tersebut kedalam sebuah piring atau mangkuk, maka beberapa menit air itu pun aka menjadi lebih dingin dikarenakan area pendinginan lebih luas.

No comments:

Post a Comment